Hari Tanggal: Selasa, 14 Maret 2017
Pukul : 14.00 - selesai
Tempat: - Yong Ma Services Center (Jasa)
- RM. Dabu-dabu lemong (Kuliner)
- Ghina Aksesoris (Non Kuliner)
NAMA KELOMPOK:
LISA CH GOSAL
GABRIELA F MANUMPIL
RAINE KUHU
VIRGIN BAMBULU
TIRZA LALUJAN
VANESSA TUMBELAKA
KARTIKA PUSPA DEWI
STEVIANUS RUMENGAN
BRYAN DIMPUDUS
SAMUEL KARISOH
HASIL WAWANCARA BEBERAPA TEMPAT USAHA DI KOTA MANADO
1.
Nama Usaha:
YONG MA SERVICES CENTER
(Jenis
Usaha: Jasa Service)
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
1.
Kapan awal mula menjalankan usaha tersebut?
2.
Bagaimana kriteria pemilihan lokasi tempat
usaha yang sekarang ini dijalankan? Sudah sesuai atau belum? (Alasan)
3.
Berapa modal awal untuk menjalankan usaha
tersebut?
4.
Bagaimana strategi unggulan dalam menjalankan
usaha tersebut, sehingga dapat menarik
pelanggan/konsumen? (berbeda dari para pesaing dengan jenis usaha yang
sama)
5.
Berapa keuntungan yang bisa didapatkan dalam
sebulan?
6.
Apakah dalam menjalankan usaha tersebut,
pernah mengalami hambatan? (Alasan)
7.
Apakah kualitas produk yang
diberikan/disajikan sudah sesuai dengan harga, pelayananan, serta kepuasan
konsumen?
|
1.
Awal mula perusahaan Yong Ma dan Yong Ma
Service Center berada di Indonesia sudah sejak tahun 1997. Namun kehadiran
jasa pelayanan service di Kota Manado sudah sejak tahun 2005. Dari sejak
tahun itulah mengalami pemindahan lokasi A ke B (masa kontrak sudah
berakhir). Pada tahun 2014, Yong Ma Service Center pindah ke wilayah Kelurahan
Pinaesaan, tepatnya lokasi di Jalan Walanda Maramis No. 149 (depan hotel
Makmur) hingga sekarang. Lokasi Yong Ma Service Center yang berada di
Indonesia dapat diakses melalui media sosial, seperti: facebook, twitter,
maupun website resmi Yong Ma.
2.
Kriteria dalam memilih tempat usaha hampir
semua jenis usaha sama, yakni mencari tempat yang strategis dan mudah
diketahui oleh costumer. Lokasi Yong Ma Service Center sekarang ini (sejak
tahun 2014 hingga sekarang) sudah sesuai. Dikarenakan lokasi yang strategis
berada di Pusat Kota Lama Manado, sering dilalui oleh kendaraan umum
(angkutan kota mini), berada di depan jalan utama, serta lokasi mudah
ditemukan oleh para costumer. Sedangkan untuk promosi tempat, awalnya ada
utusan karyawan Yong Ma yang berada di tempat penjualan menyerbakan browsur
(berisi tentang cara menggunakan produk tersebut dengan benar dan lokasi
service center yang berada di kota tersebut).
3.
Modal awal tidak dapat dijelaskan (Yong Ma
Service Center merupakan cabang perusahaan dalam memberikan layanan service
produk tersebut, sehingga modal awal diketahui oleh perusahaan induk Yong Ma)
4.
Yong Ma Service Center adalah jasa service
produk satu-satunya yang berada di Kota Manado. Namun dibandingkan dengan
jasa service elektronik umum sangat jauh berbeda, dikarenakan selain mutu
kualitas perbaikan lebih baik, Yong Ma Service Center memberikan penawaran
gratis service yakni 2 tahun, sedangkan untuk produk model digital 5 tahun.
5.
Keuntungan ± Rp. 500.000 – Rp. 700.000
(sedangkan untuk gaji pegawai/karyawan sesuai dengan UMP daerah setempat
ditambah dengan tunjangan-tunjangan dari perusahaan, sehingga untuk
pegawai/karyawan di Kota Manado ± Rp. 4.500.000
6.
Hambatan dalam menjalankan usaha, costumer
sering kurang pengetahuan dalam memakai produk dengan baik dan benar,
sehingga terjadi kerusakan dini. Padahal seharusnya bisa diatasi hanya dengan
mengikuti prosedur pemakaian dengan benar. Sedangkan hambatan dalam
memberikan jasa pelayanan tidak ada.
7.
Sudah sesuai. Yong Ma Service Center
menawarkan jaminan garansi 2 – 5 tahun, sehingga bila terjadi kerusakan akan
diperbaiki dengan gratis. Harga disesuaikan dengan jenis alat yang rusak dan
harus diganti. Sedangkan untuk kepuasaan konsumen, selama ini selalu dapat
dipercaya dan banyak diminati oleh costumer.
|
2.
Nama Usaha:
RUMAH MAKAN DABU-DABU LEMONG
(Jenis
Usaha: Kuliner)
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
1.
Kapan awal mula menjalankan usaha tersebut?
2.
Bagaimana kriteria pemilihan lokasi tempat
usaha yang sekarang ini dijalankan? Sudah sesuai atau belum? (Alasan)
3.
Berapa modal awal untuk menjalankan usaha
tersebut?
4.
Bagaimana strategi unggulan dalam menjalankan
usaha tersebut, sehingga dapat menarik
pelanggan/konsumen? (berbeda dari para pesaing dengan jenis usaha yang
sama)
5.
Berapa keuntungan yang bisa didapatkan dalam
sebulan?
6.
Apakah dalam menjalankan usaha tersebut,
pernah mengalami hambatan? (Alasan)
7.
Apakah kualitas produk yang
diberikan/disajikan sudah sesuai dengan harga, pelayananan, serta kepuasan
konsumen?
|
1.
Usaha RM. Dabu-Dabu Lemong sejak November
Tahun 2015. (Lokasi:
2.
Sudah sesuai. Lokasi berada dekat dengan tepi
laut Boulevard 2, sehingga yang menjadi keunggulan adalah pemandangan laut
(view) dan lahan parkir yang mencukupi. Lokasi tersebut umumnya dinilai masih
sepi untuk usaha, namun pemilik melihat terdapat banyak peluang dan menjadi
tantangan untuk menarik konsumen ke tempat tersebut, dengan strategi awal adalah
pemandangan (view).
3.
± Rp. 25.000.000
4.
Strategi pemilik dalam menarik
pengunjung/konsumen pengunjung hanya lewat media sosial. Seperti: facebook,
path dan Instagram.
5.
Keuntungan ± 10.000.000
6.
Sejauh ini dalam menjalankan usaha belum ada
hambatan karena usaha yang sedang dijalankan dinilai menguntungkan. Namun
permasalahan yang terjadi berada pada operasional (internal problems)
7.
Pelayanan dari para pekerja selalu
dimaksimalkan agar konsumen/ pengunjung akan selalu berdatangan. Pada pekerja
adalah masyarakat sekitar dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan
masyarakat setempat. Sedangkan harga disesuaikan dengan jenis ikan. Termahal
adalah ikan goropa dan seafood (cumi).
|
2.
Nama Usaha:
GHINA AKSESORIS
(Jenis
Usaha: Non-Kuliner -usaha dagang aksesori-)
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
1.
Kapan awal mula menjalankan usaha tersebut?
2.
Bagaimana kriteria pemilihan lokasi tempat
usaha yang sekarang ini dijalankan? Sudah sesuai atau belum? (Alasan)
3.
Berapa modal awal untuk menjalankan usaha
tersebut?
4.
Bagaimana strategi unggulan dalam menjalankan
usaha tersebut, sehingga dapat menarik
pelanggan/konsumen? (berbeda dari para pesaing dengan jenis usaha yang
sama)
5.
Berapa keuntungan yang bisa didapatkan dalam
sebulan?
6.
Apakah dalam menjalankan usaha tersebut, pernah
mengalami hambatan? (Alasan)
7.
Apakah kualitas produk yang
diberikan/disajikan sudah sesuai dengan harga, pelayananan, serta kepuasan
konsumen?
|
1.
Ghina Aksesoris berada di IT Center (lantai 1
sebelah kanan) sudah sejak tahun 2005. (4 cabang berdekatan)
2.
Lokasi strategis berada di pusat kota, gampang
diakses oleh angkutan umum, lokasi diketahui sebagai lokasi grosir aksesoris
murah dan diminati oleh banyak
pengunjung/pembeli
3.
Dirahasiakan. Namun usaha aksesoris ini
dimulai sejak dari kecil (dari bawah)
4.
Strategi untuk lebih unggul dari pesaing atau
jenis usaha yang sama, yakni: menonjolkan dan meningkatkan pelayanan dari
para pekerja dan menjual barang/produk/aksesoris dengan murah (obral)
5.
Keuntungan ± 50.000.000
6.
Hambatan: terkadang pernah ketinggalan model
barang/produk/aksesoris atau toko pesaing jenis usaha yang sama punya model
yang lebih baru.
7.
Pemilik usaha menilai pelayanan di toko
tersebut sudah baik dan maksimal dengan menekankan pada pekerja yang aktif,
ramah dan menarik konsumen. Harga disesuaikan dengan jenis
barang/produk/aksesoris. Sedangkan kualitas disesuaikan dengan harga yang
ditawarkan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar